-->

 



 


 

 



 

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Pesta Panen dan Syukuran Masyarakat Desa Manyamba

 


Majene Sulbar, Sulawesibersatu.com - Dalam rangka menjaga tradisi dan silaturrahmi untuk Petani sejahtera Indonesia maju, Pemerintah Desa bersama Panitia pelaksana menggelar kegiatan Pesta Panen dan Syukuran Masyarakat Desa yang diselenggarakan di Pelataran Kantor Desa Manyamba Kecamatan Tammeroddo Sendana Kabupaten Majene Sulawesi Barat (Barat) pada Sabtu (31/8/2024).


Kegiatan Pesta Panen ini begitu meriah karena masyarakatnya sangat antusias dan bergotong royong membuka Stand didepan rumah masing-masing, sehingga pengunjung dari Desa tetangga maupun dari Daerah luar Kabupaten Majene yang hadir di Pesta Panen tersebut dapat menikmati sajian beraneka ragam makanan yang telah disuguhkan oleh masyarakat Desa setempat.


Laporan Ketua Panitia yang juga selaku Sekdes Manyamba, Rahmat mengatakan jika tujuan dari Pesta Panen ini yaitu sebagai ungkapan rasa Syukur atas keberhasilan Panen warga dan acara ini masih terjaga kelestariannya hingga sekarang, "ujarnya.


Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan Tradisi peninggalan dari para leluhur orang tua kita dulu, hanya saja tradisi ini sudah sangat lama tidak kami jalankan atau laksanakan lagi dan selaku Ketua Panitia kami mewakili teman-teman Panitia untuk memohon maaf yang sebesar-besarnya jika di dalam kegiatan Syukuran Pesta Panen ini masih banyak terdapat kekurangan, "terangnya.


Hal Senada yang disampaikan oleh Pj Kepala Desa Manyamba, Muhammad Saleh, S.Pd dengan menjelaskan jika kegiatan ini biasanya di lakukan dari Tahun ke Tahun secara turun temurun dan karena melihat bahwa tradisi untuk melestarikan budaya kearifan lokal ini sudah hampir punah maka dari itu masyarakat mengharapkan agar supaya bisa di angkat kembali dalam Perayaan Pesta Panen yang dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-79, "ungkapnya. 


Selain itu, kegiatan ini juga adalah sebagai bentuk ajang silaturrahim dalam menjadikan wadah untuk meningkatkan solidaritas kebersamaan antar masyarakat serta mendukung peningkatan hasil Panen agar Tahun depan dan seterusnya kegiatan ini dapat tetap berjalankan dengan baik.


Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Andi Devianti Arna Altin, SH, Anggota Dewan Terpilih dari Partai Demokrat, Jasman, Kepala Desa, Kepala Dusun, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan para undangan lainnya. (ABI)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pesta Panen dan Syukuran Masyarakat Desa Manyamba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel