-->

 



 

 



 


 

 



 

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

KPU Laksanakan Sosialisasi Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Majene Tahun 2024

 


Majene Sulbar, Sulawesibersatu.com - Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor : 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majene melaksanakan sosialisasi yang digelar di Cafe Neo Alternatif Lino Maloga Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) pada Kamis (1/8/2024).


Ketua KPU Majene, Munawir mengatakan, bahwa ini ada tahapannya ketika Partai Politik mengajukan Pasangan Calon, maka para kandidat itu langsung memiliki syarat untuk melakukan verifikasi dan bisa dibuka untuk Publik, "ujarnya.


Munawir menambahkan, Publik juga ingin sesuatu menjadi strategis karena figur-figur Bakal Calon (Balon) yang diusung oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik ini menjadi penting kita telusuri latar belakangnya karena ada sejumlah pekerjaannya yang wajib mundur, "ungkapnya.


Sesuai yang sudah kita sampaikan, kata Munawir, yang wajib mundur dari pekerjaannya saat figur mencalonkan diri di Pemilihan Bupati (Pilbup) ini yaitu berlatar belakang ASN, TNI, POLRI yang masih aktif dan tentunya kita membutuhkan kontrol dari masyarakat juga dari teman-teman Media khususnya bisa menjadi bagian kontrol terhadap keterpenuhan Administrasi Calon serta untuk menjadi tahapan strategis ketika figur-figur ini sudah mendaftar di KPU, "jelasnya.


Selain itu, terkait keterwakilan  Perempuan berbeda dengan Pemilu Legislatif (Pileg), untuk Pasangan Calon Pilbup ini kita serahkan sepenuhnya kepada Partai Politik, tidak ada kepastian keterwakilan seperti pada Pencalonan Legislatif. Kemudian untuk adanya putaran kedua atau Pemilihan Ulang maka dari itu kita mengantisipasi jangan sampai terjadi karena memang saat ini berbeda dengan Pilkada Tahun 2020, dipilkada Tahun ini ada Pemilihan Gubernurnya (Pilgubnya) sehingga 6 Wilayah Kabupaten yang ada di Sulbar pada saat Hari H (pencoblosan), misalnya ada Masyarakat Kabupaten Pasangkayu berada di Majene, namun selaku warga sSulbar ia bisa memilih Pilgub namun tidak boleh memilih Pilbup, "urainya.


Disisi lain, Munawir juga berharap kepada rekan Media untuk mengedukasi masyarakat bahwa Pilkada saat ada Pilgubnya, kemungkinan potensinya itu ada maka dari itu literasi dan edukasi dari masyarakat terhadap regulasi di hari pencoblosan bisa di laksanakan dengan baik.


Turut hadir pada pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu, Ketua KPU Majene Munawir dan seluruh jajarannya, para Pimpinan Media se-Kabupaten Majene dan para undangan lainnya. (ABI)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "KPU Laksanakan Sosialisasi Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Majene Tahun 2024"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel